Membaca dan mendengar dari namanya tentu akan timbul beberapa pertanyaan seperti apa sih apotiknya??? Apa bedanya dengan apotik yang lain???Terus apa kelebihan mereka dibandingkan apotik yang lain???dll……..
Saya akan mencoba berbagi informasi dan membahas menurut kacamata pribadi saya….
Seperti apa sih apotiknya?itulah pertanyaan yang pertama kali terbesit dalam benak saya ketika mendengar nama-nama apotik tersebut di atas dan mungkin anda juga termasuk salah satunya…., karena menurut sepengetahuan saya ketiga apotik tersebut jumlahnya masih terbatas dan mungkin baru ada kota-kota besar saja. Yang perlu diketahui pertama kali adalah apotik K24, apotik guardian dan, apotik century merupakan apotik yang menggunakan sistem usaha berupa franchise. Franchise adalah suatu sistem usaha dimana sebuah perusahaan menawarkan kerjasama bagi siapa saja yang memiliki modal dan ingin memiliki sebuah asset usaha yang tidak mengharuskan sang pemilik modal terjun langsung menjalankan usahanya namun tetap menghasilkan untung yang menjanjikan dan dijamin modal akan kembali setelah beberapa tahun kemudian sesuai dengan perjanjian kontrak, atau dalam istilah gampangnya kita tinggal nyiapin modal buat kerjasama terus masalah pegawai, gaji pegawai, produk, toko dan desainnya dah ada yang ngatur terus nanti modal kita balik, tapi otomatis untungnya akan sedikit banyak ikut dibebankan pada harga produk yang mungkin agak berbeda ketimbang harga normal di apotik biasa. Contoh saja mungkin yang sudah lebih dikenal masyarakat adalah seperti indomart, alfamart, kebab turki, tela-tela, video ezzy,dll…. Coba anda perhatikan saat sedang berbelanja di alfamart atau indomart pernah ngga anda bertemu dan dilayani langsung oleh pemiliknya??? Pasti jawabannya adalah tidak pernah karena seperti yang saya sampaikan tadi bahwa pemilik hanya menyediakan modal saja setelah itu dah ada yang ngurusin semuanya. Nah, seperti halnya alfamart, inddomart dkk. apotik K24, apotik guardian dan apotik century juga menerapkan system usaha yang sama. Maka tidak heran jika anda menemukan apotik di kota-kota yang lain pasti logo, seragam pegawai dan desainnya sama. Betul ngga? Tapi untuk mendapatkan semua fasilitas itu tentunya ada tidak bisa membayarnya dengan harga yang murah, yaa modalnya ada di kisaran ratusan juta,….kata orang sih kalo kita pake buat bikin apotik bisa jadi dua sampai tiga apotik pribadi baru, cuma ya kita harus ngurusin sendiri segala macam yang ada di dalam apotik mulai dari nol.
Sekarang coba kita bandingkan logo ketiga apotik fanchise dengan apotik biasa….
Pada logo apotik guardian mengambil warna biru dan orange yang menurut saya masih biasa karena warna yang diambil hampir mirip seperti apotik kimia farma dan kebanyakan hanya ada di mall-mall sehingga jarang terjangkau dan terlihat masyarakat. Ditambah lagi dengan penggunaan nama yang menurut saya masih asing di telinga masyrakat membuat greget dari apotik ini terasa kurang.
Pada logo apotik century mengambil warna hijau dan orange yang menurut saya lebih menarik daripada logo apotik guardian namun karena nama yang digunakan kurang mudah untuk diingat sehingga memberi nilai kurang pada logo apotik ini
Pada logo apotik K24 mengambil warna yang hampir sama dengan apotik century yaitu dominasi hijau dan orange namun karena permainan warna yang lebih hidup(ngejreng) dan nama yang digunakan jauh lebih simple dan mudah diingat memberikan nilai tambah untuk apotik ini
Sekarang mari kita bandingkan apotik franchise dan apotik pribadi milik sendiri…..
Apotik franchise ???
Pada umumnya lebih mengutamakan pelayanan dan kenyamanan terhadap konsumen kalo produk yang dijual sih kayaknya sama dengan produk yang dijual di apotik biasa. Maka dari itu apotik franchise membutuhkan biaya yang lebih untuk melatih para karyawannya dan mendesain apotiknya(termasuk logo dan tata ruang di dalamnya) sedemikian serupa sehingga konsumen merasa nyaman dengan pelayanan yang mereka berikan.
Apotik buatan pribadi ???
Pada umumnya apotik sendiri yang dirintis mulai dari nol jarang memiliki logo yang mudah diingat mungkin hanya symbol gelas dan ular, kebanyakan juga mereka hanya mencantumkan nama seperti contohnya “Apotik Bima” atau “Apotik Anugrah” yang keduanya cukup lebih dikenal di daerah saya daripada ketiga apotik di atas. Karena nama mereka yang cukup sederhana mungkin dapat menimbulkan asumsi bahwa harga produk yang dijual di sana lebih terjangkau daripada apotik yang dari luarnya aja dah tampak mewah apalagi harganya,mungkin saja???tapi kelemahannya adalah sanggupkah kita konsisten memberikan pelayanan yang terbaik, atau sanggupkah karyawan atau pegawai kita memberikan pelayanan yang sama dengan kita ketika melayani konsumen dan pasien. Namun menurut saya sendiri hal itu masih bisa teratasi dengan cara kita masing-masing, yang penting dari apotik menurut saya adalah pedoman 4 tepat 2 waspada tetap diterapakan selain pelayanan dan harga produk yang terjangkau.
Demikian artikel ini saya buat, mohon maaf bila ada tulisan saya yang kurang berkenan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar